Cara Membuat Blog di Blogger

Blog adalah sebuah aplikasi web yang menampilkan tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini dapat berupa catatan harian, media publikasi suatu produk dan media interaksi antar sesama pengguna jaringan Internet. Fungsi sebuah Blog tergantung kepada pengelola/pemelihara sebuah Blog itu sendiri, karena ada beberapa orang menggunakan blog hanya untuk sebuah catatan harian saja, namun ada juga banyak orang-orang menggunakan blog sebagai sumber untuk menambah penghasilan mereka dengan menampilkan program periklanan berbayar seperti adsense, penjualan tautan serta penjualan suatu produk. Walaupun banyak yang menggunakan media Blog sebagai sumber menambah penghasilan, akan tetapi ada juga yang menggunakan Blog sebagai media interaksi antar sesama pengguna jaringan internet. Blog yang di gunakan sebagai media interaksi ini biasanya di sebut dengan “Komunitas Blogger”. Komunitas Blogger ini biasanya terbentuk berdasarkan faktor kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan daerah, kesamaan hoby, kesamaan sekolah dan lain sebagainya.


Sebelum anda memulai membuat blog di blogger(dot)com, anda di haruskan mempunyai akun Google atau Email Gmail terlebih dahulu, karena blogger(dot)com secara langsung terintegrasi dengan Google dan oleh karena itu untuk masuk/log in di blogger(dot)com harus menggunakan akun Google. Jika anda belum mempunyai akun di Google, silahkan buat terlebih dahulu, untuk tata cara membuatnya, silahkan click tautan berikut ini.




Jika anda telah mempunyai akun di Google, silahkan simak tutorial berikut ini

  1. Buka browser anda
  2. Pergi ke alamat www.blogger.com atau ketikan alamat www.blogger.com pada address bar browser anda
  3. Masuk/Log In ke Blogger dengan menggunakan akun Google anda
  4. Apabila anda baru pertama kali Masuk/Log In ke Blogger, maka anda akan di minta untuk mentautkan Profile Google+ anda dengan Profil Blogger, jadi silahkan click Lanjutkan.

    Click Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar


  5. Pada halaman Dashboard blog anda, silahkan click Blog Baru

    Click Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar



  6. Isi Form Pendaftaran Blog Baru tersebut sesuai dengan keinginan anda, kemudian click Buat Blog

    Judul merupakan Tema Utama/Topik/Isi yang yang akan jelaskan/tampilkan di dalam blog anda. Judul Blog ini nantinya akan muncul pada bagian header Blog yang mana nantinya juga akan menjadi kata kunci untuk menuju ke Blog yang anda pelihara/kelola. Untuk sebuah judul Blog, bisa anda ambil dari berbagai macam kategori, misalnya anda ingin menampilkan konten-konten  yang berhubungan dengan Tempat – Tempat Wisata Menarik, maka anda bisa membuat judul blog anda dengan Objek Wisata atau judul Blog juga bisa berupa Nama atau Gelar dari pemilik Blog. Alamat merupakan alamat yang muncul/tampil pada address bar browser untuk menuju Blog yang anda kelola. Template merupakan Kulit/Style dari blog yang akan tampil, tampilan ini terdiri dari warna latar belakang blog, Jenis font/huruf blog dan lain sebagainya


    Click Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar


  7. Pada tahap ini, anda telah selesai membuat sebuah Blog, anda juga sudah bisa mempublikasikan artikel/konten-konten yang ingin anda tampilkan, dengan cara click Mulai Mengeposkan

    Click Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar



SIMPAN / DOWNLOAD ARTIKEL

M.Word PDF*Artikel / Tutorial yang anda Simpan / Download ini disertakan dengan Gambar


Demikianlah artikel saya kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan juga dapat berguna bagi yang membutuhkannya. Saya juga berharap anda bersedia/meluangkan waktu untuk memberikan pendapat tentang artikel ini. Apakah itu Setuju/Tidak Setuju, Menarik/Tidak Menarik, Suka/Tidak Suka, Bermanfaat/Tidak Bermanfaat, Tidak Tahu/Tidak Mau Tahu dan jangan lupa sertakan juga alasannya yang jelas, karena sedikit goresan yang anda tuliskan sekarang mungkin akan dapat berguna bagi orang lain nantinya. Apabila ada kata-kata saya yang tidak berkenan di hati anda serta menemukan kesalahan dalam penulisan kata/ejaan/script/code/gambar saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena kesalahan tersebut bukanlah disengaja.

Saat ini anda sedang membaca artikel tentang Cara Membuat Blog di Blogger dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Anda diperbolehkan mengcopy atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Posting Komentar

Follow Me On

My Friends

Fan Box Widget

Blog Archive

My Banner

Dhiela Orlando