Apa itu Email dan Apa Fungsinya


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh - Email merupakan singkatan dari Electronic Mail atau sering juga disebut dengan Surat Elektronik. Email atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan atau file dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya. Pesan ini bisa berupa Teks, Video, gambar, dan Suara yang dikirim dari satu alamat email ke alamat lainnya dalam jaringan internet. Alamat biasanya memiiki format nama pengguna dan domain yang dipisahkan oleh tanda @, Misalnya dhiela@gmail.com. Email pada awalnya ditemukan oleh insinyur bernama Raymon Samuel Tomlinson pada tahun 1971.

Pada Sebuah penelitian dari School of Information Management and Systems, UC Berkeley pada tahun 2001 lalu melaporkan ada 31 milyar email terkirim setiap hari, angka ini meningkat tajam pada tahun 2008 yang menyebutkan ada sekitar 170 milyar email terkirim tiap hari dan ngka tersebut menjadi 294 milyar di tahun 2010 lalu. Jadi bisa disimpulkan bahwa email adalah hal yang penting dan tidak bisa lepas dari internet itu sendiri meskipun sudah banyak produk internet seperti jejaring sosial.

Sejarah email tidak lepas dari perkembangan teknologi militer. Pada awalnya hanya berupa embrio teknologi telah dikembangkan sejak tahun 1970 dan Raymond Samuel Tomlinson adalah penemunya. Pria yang lahir di New Amsterdam, New York, Amerika Serikat pada tahun 1941 ini adalah pencetus penggunaan email melalui jaringan internet. Teknologi ini sebenarnya tidak sepenuhnya baru, email sudah ditemukan pada era 1960-an, namun internet belum ada. 

Pada tahun 1963, Tomlinson mendapatkan gelar Bachelor of Science dalam bidang teknik listrik dari Rensselaer Polytechnic Institute. Ia lalu ikut berpartisipasi dalam program yang dijalankan oleh IBM, salah satu produsen komputer yang menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Pada tahun 1965, ia mendapatkan gelas Master di bidang teknik elektro dari MIT. Pada tahun 1968, Tomlinson bekerja untuk sebuah proyek pengembangan sistem operasi TENEX, diantaranya ARPANET dan implementasi TELNET. ARPANET adalah asal mula internet saat ini, yang merupakan sarana percobaan teknologi jaringan di zaman tersebut. Tujuan ARPANET waktu itu adalah menciptakan metode komunikasi antara institusi militer. TELNET sendiri adaah sebuah protolol jaringan yang digunakan pada internet untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks dua arah yang memanfaatkan fasilitas koneksi virtual terminal. Di proyek ini Tomlinson membuat sebuah program untuk transfer file di jaringan ARPANET yang disebut dengan CPYNET. Kemudian ia diminta memodifikasi sebuah program, yakni SNDMSG yang berfungsi mengiriman pesan antara pengguna berbeda di komputer yang sama. Tomlinson diharuskan memodifikasi SNDMSG supaya bisa mengirimkan pesan antara dua komputer yang berbeda.

Dengan itu Tomlinson berpikir untuk menggabungkan program SNDMSG dan CPYNET bersamaan supaya dapat mengirimkan pesan ke kotak pos elektronik lainnya dalam sebuah jaringan. Pikiran lain Tomlinson adalah bagaimana membedakan pesan yang diarahkan keluar jaringan dan pesan lain yang dialamatkan ke banyak pengguna di dalam jaringan itu sendiri. Akhirnya eksperimen Tomlinson ini berhasil, pada bulan Oktober 1971, ia berhasil mengirimkan satu pesan sederhana dari komputernya di komputer di sebelahnya yang hanya berjarak 1 meter. Sejarah email tercatat saat itu juga. Tomlinson ternyata mempelajari tombol keyboard dan memilih simbol @ sebagai petunjuk alamat si pengguna email. Simbol @ ini mengidentifikasi penerima dan komputer atau jaringan yang mereka gunakan. Simbol @ ini dibaca “at” atau dalam bahasa Indonesia “di”. Tomlinson mengakui bahwa penemuan email itu dihasilakan hanya dari berpikir tak lebih 30-40 detik saja. Ia bahkan tak ingat apa yang ia tulis pertama kali dalam email bersejarah tersebut, saat ditanyakan dalam sebuah wawancara dengan majalah Times di tahun 2008 lalu, namun ada beberapa sumber mengatakan bahwa pesan pertama itu adalah “QWERTYUIOP” yakni satu sekuen dari tombol huruf paling atas pada keyboard. Apapun itu, yang jelas pesan kecil itu adalah lompatan besar bagi umat manusia.

Email merupakan fasilitas internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh orang-orang pada saat sekarang ini. Dengan adanya adanya Email akan mempermudah seseorang saling berkomunikasi dalam waktu singkat walaupun dari ujung penjuru dunia. Pada dasarnya Email bisa di katakan sebagai Surat yang berbentuk data digital/elektronik yang mampu untuk mengirimkan data ke ujung penjuru dunia dengan cepat melalui sebuah jaringan internet. Untuk kesehariannya dengan menggunakan Email, anda bisa mengirimkan Data/Pesan berupa Tulisan, Video, Gambar, serta suara kepada Keluarga, Teman atau Rekan Bisnis dengan sangat cepat asalkan si penerima mempunyai alamat email dan koneksi internet, namun di dalam dunia maya email berfungsi untuk mendaftar di website-website jejaring social, membuat sebuah blog, melamar pekerjaan secara, berlangganan artikel serta melakukan bisnis secara online.

  1. Email Berbasis WEB
    Email berbasis WEB adalah layanan email yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan email, sepaerti Yahoo, Gmail, Plasa.com, dan lain-lain. Layanan email jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan. Kelebihan email berbasis WEB ini adalah dapat di cek dari mana saja, namun kekurangannya hanya bisa di baca dalam kondisi online sehingga membutuhkan koneksi ke internet.
  2. Pop Mail
    POP Mail adalah email yang diterima melaluii Internet Service Provider (ISP). Kelebihan POP Mail adalah email jenis ini bisa dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Untuk mengecek email dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet (Connect), kemudian mendownload email-email tersebut dan kemudian memutuskan hubungan dengan internet (Disconnect), Setelah itu email tersebut dapat dibaca satu persatu. Setelah email tersebut selesai dibuat balasannya, anda dapat terhubung lagi ke internet dan kemudian mengirimkan balasan email yang telah anda terima. Untuk melakukan hal di atas, anda harus mempunyai Program/Software Client seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express, namun kekurangan dari POP Mail ini adalah anda tidak bisa membuka email dari sembarang tempat.
  3. Email Forwarding
    Email Forwarding adalah layanan email yang meneruskan email yang diterimanya ke alamat email anda yang lain. Email jenis ini bermanfaat bagi orang-orang yang suka ganti-ganti alamat email. Kelebihan email forwarding adalah anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya. Selain itu, bila anda mengganti alamat email, anda tidak perlu memberi tahu alamat email yang baru, anda cukup memberikan alamat email forwardingnya. Kekurangan email jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan email yang diterima ke alamat yang lain, email tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat email yang sesungguhnya


Demikianlah artikel saya kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan juga dapat berguna bagi yang membutuhkannya. Saya juga berharap anda bersedia/meluangkan waktu untuk memberikan pendapat tentang artikel ini. Apakah itu Setuju/Tidak Setuju, Menarik/Tidak Menarik, Suka/Tidak Suka, Bermanfaat/Tidak Bermanfaat, Tidak Tahu/Tidak Mau Tahu dan jangan lupa sertakan juga alasannya yang jelas, karena sedikit goresan yang anda tuliskan sekarang mungkin akan dapat berguna bagi orang lain nantinya. Apabila ada kata-kata saya yang tidak berkenan di hati anda serta menemukan kesalahan dalam penulisan kata/ejaan/script/code/gambar saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena kesalahan tersebut bukanlah disengaja.

Saat ini anda sedang membaca artikel tentang Apa itu Email dan Apa Fungsinya dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Anda diperbolehkan mengcopy atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Poskan Komentar

Search

Memuat...

Follow Me On

My Friends

Fan Box Widget

Blog Archive

My Banner

Dhiela Orlando