Cara Membuat Email di Gmail


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh - Gmail merupakan salah satu dari sekian banyak penyedia layanan surat elektronik gratis yang merupakan milik Google. Gmail adalah layanan webmail yang paling populer saat sekarang ini dengan memiliki 400 juta lebih pengguna yang aktif dan terus bertambah. Alasan kenapa banyak orang menggunakan Gmail adalah cara pedaftaran yang sederhana dan mudah serta  Gmail juga menyediakan kapisitas penyimpanan yang besar. Selain itu, jika anda tertarik membuat sebuah blog (www.blogger.com), anda harus mempunyai akun dari Google, karena blogger secara langsung terintegrasi dengan Gmail. 


  1. Gmail menyediakan kapasitas ruang penyimpanan yang lebih besar sekitar 7538 MB dan terus bertambah. Jumlah ini jauh lebih besar dari layanan webmail-webmail lainnya.
  2. Gmail dapat mengirimkan attachment atau lampiran hingga 20 MB per email.
  3. Gmail mempunyai layanan penyortiran email berbentuk “Conversation View”. Fungsi Conversation View adalah setiap email yang di terima akan di susun dalam bentuk percakapan sehingga seluruh balasan serta topik pembicaraan tidak akan terpisah-pisah, dengan demikian memudahkan pengguna Gmail untuk melihat email yang di terimanya.
  4. Pengguna Gmail dapat memberi “Label” emailnya sesuai keinginannya, sehingga dapat memudahkan pengguna Gmail untuk membaca emailnya berdasarkan Label yang di berikan.
  5. Gmail mempunyai layanan Push E-Mail yang memudahkan pengguna iPhone, Windows Mobile dan Smartphone untuk mengakses email dimanapun.
  6. Dan Lain-Lain

Untuk membuat akun Email di Gmail tidak ada syarat apapun yang diperlukan karena proses pembutannya tergolong sangat lah mudah, anda cukup menuju website www.google.com atau www.mail.google.com kemudian Register. Jika anda tertarik berikut adalah langkah-langkahnya :
  1. Buka Browser anda
  2. Pergi ke alamat www.google.com, atau ketikan alamat www.mail.google.com pada address bar browser anda
  3. Click Daftar/Register

  4. Isi Form Pendaftaran sesuai Data/Identitas anda kemudian click Langkah Berikutnya
    Lihat contoh cara pengisian Form Pendaftaran di bawah ini


    Nama saya Isi dengan Nama Depan dan Nama Belakang anda
    Pilih Nama Pengguna Anda Isi/Tuliskan ID GMAIL anda
    Buat Sandi Isi dengan kata sandi/password anda, minimal 6 karakter
    Konfirmasi Sandi Anda Isikan kembali sandi/password anda, harus sama karakternya dengan sandi/password pertama
    Tanggal Lahir Isi dengan Tanggal, Bulan dan Tahun lahir anda
    Gender Isikan jenis kelamin anda
    Ponsel Isi dengan Nomor Handphone/Ponsel anda
    Alamat Email Anda saat Ini Jika anda mempunyai Email yang lain, isikan pada kolom ini. Alamat Email ini berfungsi apabila anda lupa Sandi/Password Gmail anda, maka Sandi/Password akan di kirim ke alamat Email ini
    Ketikan Dua Kata Tersebut Isi dengan Capcha yang anda lihat, harus sama.
    Lokasi Isi dengan Negara anda, kemudian Checklist Pada Saya Menyetujui

  5. Pada halaman ini, anda diminta untuk menverifikasikan akun Gmail dengan Nomor Handphone/Ponsel yang anda daftarkan sebelumnya, jadi pastikan nomor yang tertulis tersebut adalah benar. Untuk menverifikasikan akun anda, Gmail/Google menggunakan 2 opsi yaitu Pesan Teks dan Panggilan Suara, jadi silahkan anda pilih salah satunya, kemudian click Lanjutkan

    Kenapa saya harus menverifikasikan Nomor Handphone saya…?
    Untuk menjaga keamanan dan membuktikan anda bukan Robot atau Spammer, maka anda harus menverifikasikan diri anda dengan Nomor Ponsel. Ini juga bertujuan disaat anda lupa Kata Sandi/ Password akun Gmail anda, maka pihak Google akan langsung mengirimkan Sandi/Password Akun Gmail ke Nomor Ponsel yang anda Verifikasikan, dengan demikian anda bisa kembali Masuk/Log In ke akun Gmail anda.


  6. Untuk contoh saat ini, saya menggunakan opsi Pesan Teks. Jadi, setelah anda mengclick Lanjutkan sebelumnya, anda akan menerima sebuah Pesan Teks yang berisikan Kode Verifikasi dari Google, isikan kode tersebut pada kolom Kode Verifikasi kemudian click Lanjutkan kembali.

  7. Pada halaman ini, anda di minta untuk membuat Foto Profil anda, jadi silahkan Upload Foto anda, namun apabila anda belum tertarik dan masih ragu anda bisa mengabaikannya karena nanti anda tetap bisa menukar Foto Profil anda, maka silahkan click Langkah Berikutnya 

  8. Nah…! Pembuatan Email selesai dengan mengclick Memulai, silahkan Lihat Email Anda

     

M.Word PDF*Artikel / Tutorial yang anda Simpan / Download ini disertakan dengan Gambar

Demikianlah artikel saya kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan juga dapat berguna bagi yang membutuhkannya. Saya juga berharap anda bersedia/meluangkan waktu untuk memberikan pendapat tentang artikel ini. Apakah itu Setuju/Tidak Setuju, Menarik/Tidak Menarik, Suka/Tidak Suka, Bermanfaat/Tidak Bermanfaat, Tidak Tahu/Tidak Mau Tahu dan jangan lupa sertakan juga alasannya yang jelas, karena sedikit goresan yang anda tuliskan sekarang mungkin akan dapat berguna bagi orang lain nantinya. Apabila ada kata-kata saya yang tidak berkenan di hati anda serta menemukan kesalahan dalam penulisan kata/ejaan/script/code/gambar saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena kesalahan tersebut bukanlah disengaja.

Saat ini anda sedang membaca artikel tentang Cara Membuat Email di Gmail dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Anda diperbolehkan mengcopy atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Posting Komentar

Follow Me On

My Friends

Fan Box Widget

Blog Archive

My Banner

Dhiela Orlando