Cara Mengedit Template Blog

Sebuah blog di katakan berkualitas bukan di karenakan dari tampilan/desainnya, tapi dari isi artikel atau konten-konten yang di tampilkan, namun tampilan blog merupakan salah satu faktor pendukung untuk menjadikan blog berkualitas atau terlihat lebih profesional. kenapa tampilan blog merupakan salah satu faktor pendukung semua ini…?, mungkin itu adalah pertanyaan paling banyak yang muncul dalam pikiran anda. Menurut saya, dengan tampilan blog yang terlihat menarik di pandang akan membuat pembaca merasa senang membaca dan yakin dengan isi artikel dan konten-konten yang anda tampilkan, karena blog yang terlihat menarik tersebut tentunya dipelihara dengan baik  oleh penulisnya dan membutuhkan konsentrasi yang penuh untuk membuatnya, dan oleh karena tentunya isi artikel atau konten-konten yang ditampilkan tidak di pilih sembarangan.

Maka untuk tampilan blog anda, anda dapat mulai dengan memilih template-template yang telah disediakan/template standar, namun seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, template atau tampilan blog dapat anda desain sendiri dengan menggunakan template generator atau template dari pihak ke tiga yang dapat anda Copy atau Download dengan gratis. Untuk menggunakan template dari pihak ketiga ini, anda tidak di wajibkan untuk mengerti script-script html tersebut, karena ada banyak blog-blog yang membahas tentang mendesain template blog di dunia maya atau internet pada saat sekarang ini, namun sebelum anda memulai mengedit template blog, anda harus mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu agar proses pengeditan berjalan normal atau template tidak error ketika di upload. Salah satu dasar-dasarnya adalah dimana tempat anda melakukan pengeditan template tersebut.

Pada kesempatan saat sekarang ini, saya akan membahas cara mengedit template blog, namun ini merupakan cara/tutorial dasar yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum anda memulai ke tahap-tahap yang selanjutnya.

 

  1. Log in ke akun blog anda (Blogger)
  2. Pada halaman dashboard blog anda, Click Template

    PERHATIAN

    Sebelum anda memulai mengedit template blog, sebaiknya back-up template blog anda terlebih dahulu. Hal ini bertujuan apabila terjadi error pada template saat di upload/parse, anda dapat mengembalikan keadaan template blog ke posisi semula. Silahkan baca


     

    Click Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar

     

  3. Click Edit Html

     

    Click Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar

     

  4. Click Lanjutkan

     

    Click Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar

     

  5. Centang Expand Template Widget jika di perlukan

    Pada Expand Template Widget tidak di haruskan untuk memberi tanda centang/checklist, karena fungsi dari Expand Template Widget ini menyembunyikan dan memunculkan beberapa code/script di dalam sebuah template blog, jadi kapan anda di haruskan memberi tanda centang pada Expand Template Widget? Untuk penjelasan ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya yang berjudul :



    Click Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar 

    Click Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar

     

  6. Silahkan modifikasi template blog anda sesuai keinginan

    Memodifikasi template blog yang saya maksud disini adalah mengganti atau menambah script-script Html tersebut dengan code/script yang Html yang baru seperti code/script Html dari penyedia template gratis yang bisa anda download atau code/script dari template generator serta code/script Html dari blog-blog yang membahas tutorial blog.

  7. Simpan Template.

    Sebelum anda menyimpan template, anda bisa melihat hasilnya terlebih dahulu dengan mengclick tombol “Pratinjau”.


SIMPAN / DOWNLOAD ARTIKEL

M.Word PDF*Artikel / Tutorial yang anda Simpan / Download ini disertakan dengan Gambar


Demikianlah artikel saya kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan juga dapat berguna bagi yang membutuhkannya. Saya juga berharap anda bersedia/meluangkan waktu untuk memberikan pendapat tentang artikel ini. Apakah itu Setuju/Tidak Setuju, Menarik/Tidak Menarik, Suka/Tidak Suka, Bermanfaat/Tidak Bermanfaat, Tidak Tahu/Tidak Mau Tahu dan jangan lupa sertakan juga alasannya yang jelas, karena sedikit goresan yang anda tuliskan sekarang mungkin akan dapat berguna bagi orang lain nantinya. Apabila ada kata-kata saya yang tidak berkenan di hati anda serta menemukan kesalahan dalam penulisan kata/ejaan/script/code/gambar saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena kesalahan tersebut bukanlah disengaja.

Saat ini anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengedit Template Blog dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Anda diperbolehkan mengcopy atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Posting Komentar

Follow Me On

My Friends

Fan Box Widget

Blog Archive

My Banner

Dhiela Orlando